Senin, 23 April 2012

Desain Database


Nah, sekarang ane mau ngereview apa yang dimaksud dengan desain database. Sebagai dasarnya, ane udah menganggp ente2 udah paham yang dimaksud dengan database serta kegunaannya itu sendiri OKE. Karena ente2 udah ngarti database, sekarang waktunya kita bahas tentang proses desain database. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut :
  • Pertama, kita harus kenal dulu dengan database yang akan kita desain. Artinya, kita harus tahu apa yang harusnya kita lakukan terhadap data tersebut, seperti aplikasi apa yang harus dipakai ataupun dibuat sendiri, operasi yang harus dimasukkan, dan lain-lain. Tahap ini disebut dengan Analisis Persyaratan yang gunanya adalah mempergunakan informasi-informasi dari proses ini sebagai modal untuk mengembangkan ke tingkat yang lebih tinggi.
  • Kedua, Desain Data Konseptual yaitu tahap pembuatan konsep atau gambaran mengenai data agar mempermuadah dalam merancangnya. Tahap ini sering disebut juga Entity Relasionship.
  • Ketiga, desain database logika yaitu mengubah skema E-R menjadi skema database relasional. Tujuannya untuk memperoleh skema dasar pada model skema relasional.
  • Keempat adalah perbaikan skema, yaitu proses mencari permasalahan yang selanjutnya dilakukan perbaikan.
  • Kelima, Desain Database Fisik yaitu tahap dimana mulai mengelompokan tabel ke dalam indeks-indeks dan mendesain ulang skema tersebut.
  • Keenam, Desain Aplikasi dan Keamanan yaitu mempergunakan aplikasi diluar database yang melibatkan suatu DBMS didalamnya. Selanjutnya membuat pengamanan supaya data hanya bisa diakses oleh kita sendiri.
Demikian langkah/proses pembuatan Desain database. Semoga bermaanfaat bagi bersama.. OKE!!!

0 komentar:

Posting Komentar